PROPOSAL RENCANA BISNIS


Kelompok : Adinda Ainun
Deandri Firdaus
Eunike Kamase
Fatah Dharmasatyadi
Muhamad Rizky Ananda 
 
RINGKASAN EKSEKUTIF
LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya teknologi dan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan perangkat keras komputer (hardware) , maka kami memiliki ide untuk membuka usaha yang menyediakan informasi hardware computer yang up to date dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hardware.
Perusahaan Bisnis Faster Computer ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi serta pemahaman dalam bidang computer, karena seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga membutuhkan hardware untuk memenuhi kebutuhan kostumer akan perlengkapan computer.
Faster Computer di dirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang teknologi industri atau teknik informatika dan tentunya produk yang di jual memiliki garansi resmi serta legal secara hukum.

TUJUAN PERUSAHAAN
·       Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan menggunakan website yang cepat, elegan, dan handal.
·       Memudahkan pelanggan yang ingin membeli hardware dengan cepat dan mudah.
·       Memberikan kualitas-kualitas barang yang optimal kepada pelanggan.
·       Memberikan harga terbaik kepada pelanggan.
·       Memberikan potongan-potongan harga yang dapat menarik minat pelanggan.

VISI
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal perlengkapan perangkat keras computer.


MISI
·             Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
·             Menyediakan aplikasi berbasis web yaitu FasterComp.com untuk menyediakan informasi dan pemesanan tentang produk yang dijual.
·             Memberikan pelayanan Tanya-jawab untuk pelanggan secara online diaplikasi FasterComp.com.

IDENTITAS PERUSAHAAN
Perusahaan Start-Up Faster Computer akan didirikan di Depok dimana memiliki kantor pusat. Untuk tahun pertama, PT.Faster Computer memiliki ruang lingkup bisnis mencakup wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dan untuk tahun berikutnya telah dijelaskan dalam strategi pemasaran.
Identitas perusahaan adalah sebagai berikut :
Nama Perusahaan       : PT. Faster Computer
Bidang Usaha             : Memasarkan perangkat keras komputer (hardware) dengan aplikasi
                          berbasis web. 
Kantor Pusat               : Jln. Sejahtera No.112 , Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
Pemegang Saham       : Deandri Firdaus (50%) dan Rizky Ananda (50%)

Sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia maka pendirian badang usaha ini akan memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a.           Pembuatan akte pendirian badan usaha dihadapan notaris.
b.           Didaftarkan kepada kepaniteraan pengadilan negeri untuk kemudian diumumkan dalam tambahan BNRI.
c.           Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
d.           Surat Keterangan Domisili
e.           Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
f.            Izin Undang – Undang Gangguan (HO)
                                                            
PRODUK
Kebutuhan akan perlengkapan dan hardware komputer semakin tinggi di kalangan masyarakat, baik untuk kebutuhan pribadi atau perkantoran. Faster komputer menawarkan berbagai macam perlengkapan dan hardware komputer untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Kualitas produk yang ditawarkan Faster Komputer memiliki beberapa keunggulan :
·             Keaslian produk terjamin
·             Kualitas produk terjamin
·             Bergaransi resmi
·             Harga bersaing

Jenis hardware yang dijual oleh Faster Komputer :
No
Jenis Produk
1
Processor
2
Motherboard
3
RAM
4
Hardisk
5
VGA
6
Monitor
7
Mouse
8
Keyboard
9
Headset
10
Printer
11
Aksesoris Lainnya



PERBANDINGAN KOMPETITIF
            Perbandingan kompetitif mengenai Faster Komputer sebagai kompetitor dari PT. ABC dapat terlihat pada tabel di bawah ini yang akan membandingkan produk dan pelayanan yang diberikan.
Produk/Layanan
Faster Komputer
ABC
Waktu Operasional
09.00 – 22.00 setiap hari dan 24 jam jika pembelian online.
09.00 – 22.00 setiap hari
Garansi
Garansi resmi dan garansi toko 24 jam setelah penerimaan barang.
Garansi resmi
Harga
Premium strategy
Premium strategy
After Sales Service
Konsumen akan dipandu apabila mengalami kesulitan/masalah terhadap barang yang dibeli.
Tidak
Pemasaran
Aktif
Aktif


LAYANAN KONSUMEN
            Faster Komputer menawarkan calon konsumen produk hardware dengan kualias terbaik dengan garansi resmi. Pembelian hardware di Faster Komputer mendapatkan garansi toko selama 24 jam berupa penggantian unit baru apabila konsumen mendapatkan unit yang cacat/rusak karena kesalahan produksi. Faster Komputer akan membantu konsumen untuk klaim garansi hardware sampai selesai proses perbaikan.

ANALISIS PASAR
ANALISIS INDUSTRI
1.           Persaingan Masa Depan Usaha
            Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal teknologi komputer dengan lokasi yang strategis dan memiliki website untuk pembelian secara online, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kebutuhan alat-alat perangkat keras komputer (hardware) di kalangan masyarakat dan perkantoran terutama sekitar Jabodetabek pada saat ini sangat besar.

2.           Analisis Persaingan
            Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha perlengkapan alat-alat perangkat keras komputer (hardware) ini masih belum terdapat sebuah tempat usaha jenis tersebut yang bergaransi resmi dan legal, maka dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan bergaransi resmi dan legal serta dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan. Pembelian secara online pun dapat dilakukan melalui website sehingga pasar kami semakin luas.

3.           Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
            Faster Komputer membidik pasar dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan serta bergaransi resmi. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.


STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI
a.           Memperhatikan Kualitas
Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Produk yang kami jual merupakan produk dengan kualitas yang baik, sehingga banyak konsumen yang berbelanja di toko maupun situs kami. Selain itu, untuk memastikan dan meyakinkan konsumen, kami juga memberikan garansi 24 jam setelah pembelian. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis kami selangkah lebih maju.

b.           Kenali Target Pasar
Turun ke pasar merupakan salah satu cara yang kami lakukan untuk mengenali target konsumen. Kami mencari dan menganalisis calon konsumen mana yang akan kami fokuskan untuk menjadi target penjualan.

c.           Kreativitas dan Inovasi
Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Ide kreatif bisa menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis kami. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang kami tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.

d.           Promosi Efektif
Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Kami menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk kami. Saat melakukan promosi, kami menggunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang kami jual. Kami juga melakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

e.           Manajemen Bisnis
Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat.


STRATEGI PEMASARAN
·             Menggunakan Social Media
Media sosial adalah alat  pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya. Dengan social media, kami dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi. Social media juga memungkinkan kami untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka, sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.


·             Memberikan Diskon
Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen, karena sesuatu yang harganya terpotong akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.  Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga karena seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk, karena mereka belum pernah mencoba tentang  produk tersebut. Kami memberikan diskon kepada member ataupun pada saat-saat tertentu.

·             Memberi Insentif untuk Rekomendasi
Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang telah memakai produk tersebut kami memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun bisa berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung kami memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing,  yaitu pelanggan yang loyal dan calon pelanggan. Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.

·             Memberikan Garansi Produk
Konsumen akan lebih menaruh rasa percayanya pada produk yang memiliki garansi. Hal ini dapat membuat konsumen merasa bahwa produk yang dijual adalah produk yang asli, karena jika kami menjual produk yang palsu/tidak baik, maka pihak kami yang juga akan mengalami testimoni yang buruk dari konsumen.

RENCANA PENJUALAN
Terdapat dua alur penjualan, yaitu alur penjualan secara offline dan alur penjualan secara online. Jika calon pembeli melakukan pembelian secara offline, maka pembeli dapat langsung datang ke toko. Jika calon pembeli melakukan pembelian melalui website (online), pembeli dapat melakukan pembayaran melalui transfer. Produk yang dijual dapat dibeli eceran, maupun dalam partai yang agak besar (maksimal 500 pcs).


Karena terjadi error untuk posting keseluruhan file dalam blog, untuk lengkapnya bisa download di : https://drive.google.com/open?id=19cK8SwGXnsNelbvwQRDy8fur6sfo-6WI

PROPOSAL RENCANA BISNIS PROPOSAL RENCANA BISNIS Reviewed by Rizky Ananda on December 24, 2019 Rating: 5

No comments: