Kelompok : Adinda Ainun
Deandri Firdaus
Eunike Kamase
Fatah Dharmasatyadi
Muhamad Rizky Ananda
RINGKASAN EKSEKUTIF
LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya teknologi dan tingginya kebutuhan masyarakat
terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan perangkat
keras komputer (hardware) , maka kami memiliki ide untuk membuka usaha yang
menyediakan informasi hardware computer yang up to date dan dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat terhadap hardware.
Perusahaan Bisnis Faster Computer
ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang memiliki hobi serta
pemahaman dalam bidang computer, karena seiring perkembangan teknologi yang
semakin pesat sehingga membutuhkan hardware untuk memenuhi kebutuhan kostumer
akan perlengkapan computer.
Faster Computer di dirikan untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang teknologi industri atau teknik
informatika dan tentunya produk yang di jual memiliki garansi resmi serta legal
secara hukum.
TUJUAN PERUSAHAAN
·
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan menggunakan
website yang cepat, elegan, dan handal.
·
Memudahkan pelanggan yang ingin membeli hardware
dengan cepat dan mudah.
·
Memberikan kualitas-kualitas barang yang optimal
kepada pelanggan.
·
Memberikan harga terbaik kepada pelanggan.
·
Memberikan potongan-potongan harga yang dapat menarik
minat pelanggan.
VISI
Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
perlengkapan perangkat keras computer.
MISI
·
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan
berkualitas demi kepuasan pelanggan.
·
Menyediakan aplikasi berbasis web yaitu FasterComp.com
untuk menyediakan informasi dan pemesanan tentang produk yang dijual.
·
Memberikan pelayanan Tanya-jawab untuk pelanggan
secara online diaplikasi FasterComp.com.
IDENTITAS PERUSAHAAN
Perusahaan Start-Up Faster
Computer akan didirikan di Depok dimana memiliki kantor pusat. Untuk tahun
pertama, PT.Faster Computer memiliki ruang lingkup bisnis mencakup wilayah
Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dan untuk tahun berikutnya
telah dijelaskan dalam strategi pemasaran.
Identitas
perusahaan adalah sebagai berikut :
Nama Perusahaan : PT. Faster
Computer
Bidang Usaha : Memasarkan perangkat keras komputer
(hardware) dengan aplikasi
berbasis
web.
Kantor Pusat : Jln. Sejahtera
No.112 , Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
Pemegang Saham : Deandri
Firdaus (50%) dan Rizky Ananda (50%)
Sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku di
Indonesia maka pendirian badang usaha ini akan memenuhi persyaratan sebagai
berikut :
a.
Pembuatan akte pendirian badan usaha dihadapan notaris.
b.
Didaftarkan kepada kepaniteraan pengadilan negeri
untuk kemudian diumumkan dalam tambahan BNRI.
c.
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
d.
Surat Keterangan Domisili
e.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
f.
Izin Undang – Undang Gangguan (HO)
PRODUK
Kebutuhan akan perlengkapan dan hardware komputer semakin tinggi di
kalangan masyarakat, baik untuk kebutuhan pribadi atau perkantoran. Faster
komputer menawarkan berbagai macam perlengkapan dan hardware komputer untuk
memenuhi kebutuhan tersebut.
Kualitas produk
yang ditawarkan Faster Komputer memiliki beberapa keunggulan :
·
Keaslian produk terjamin
·
Kualitas produk terjamin
·
Bergaransi resmi
·
Harga bersaing
Jenis hardware yang dijual oleh Faster
Komputer :
No
|
Jenis Produk
|
1
|
Processor
|
2
|
Motherboard
|
3
|
RAM
|
4
|
Hardisk
|
5
|
VGA
|
6
|
Monitor
|
7
|
Mouse
|
8
|
Keyboard
|
9
|
Headset
|
10
|
Printer
|
11
|
Aksesoris Lainnya
|
PERBANDINGAN
KOMPETITIF
Perbandingan kompetitif mengenai Faster
Komputer sebagai kompetitor dari PT. ABC dapat terlihat pada tabel di bawah ini
yang akan membandingkan produk dan pelayanan yang diberikan.
Produk/Layanan
|
Faster Komputer
|
ABC
|
Waktu Operasional
|
09.00 – 22.00 setiap hari dan 24 jam jika pembelian
online.
|
09.00 – 22.00 setiap hari
|
Garansi
|
Garansi resmi dan garansi toko 24 jam setelah
penerimaan barang.
|
Garansi resmi
|
Harga
|
Premium strategy
|
Premium strategy
|
After Sales Service
|
Konsumen akan dipandu apabila mengalami
kesulitan/masalah terhadap barang yang dibeli.
|
Tidak
|
Pemasaran
|
Aktif
|
Aktif
|
LAYANAN KONSUMEN
Faster Komputer menawarkan calon
konsumen produk hardware dengan kualias terbaik dengan garansi resmi. Pembelian
hardware di Faster Komputer mendapatkan garansi toko selama 24 jam berupa
penggantian unit baru apabila konsumen mendapatkan unit yang cacat/rusak karena
kesalahan produksi. Faster Komputer akan membantu konsumen untuk klaim garansi
hardware sampai selesai proses perbaikan.
ANALISIS PASAR
ANALISIS INDUSTRI
1.
Persaingan Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, khususnya dalam hal teknologi komputer dengan lokasi yang
strategis dan memiliki website untuk pembelian secara online, maka kami yakin
usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kebutuhan alat-alat
perangkat keras komputer (hardware) di kalangan masyarakat dan perkantoran
terutama sekitar Jabodetabek pada saat ini sangat besar.
2.
Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha perlengkapan alat-alat perangkat
keras komputer (hardware) ini masih belum terdapat sebuah tempat usaha jenis
tersebut yang bergaransi resmi dan legal, maka dari itu kami ingin membangun
usaha tersebut dengan bergaransi resmi dan legal serta dengan suasana yang
nyaman dan kekeluargaan. Pembelian secara online pun dapat dilakukan melalui
website sehingga pasar kami semakin luas.
3.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Faster Komputer membidik pasar dengan pemberian harga
yang terjangkau dan tidak menyulitkan serta bergaransi resmi. Pada prinsipnya
kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang
baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan
senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung
banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.
STRATEGI BISNIS
DAN IMPLEMENTASI
a.
Memperhatikan Kualitas
Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu
ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Produk yang kami jual merupakan
produk dengan kualitas yang baik, sehingga banyak konsumen yang berbelanja di
toko maupun situs kami. Selain itu, untuk memastikan dan meyakinkan konsumen,
kami juga memberikan garansi 24 jam setelah pembelian. Kualitas yang lebih baik
dari pesaing tentu akan membuat bisnis kami selangkah lebih maju.
b.
Kenali Target Pasar
Turun ke pasar merupakan salah satu cara yang kami
lakukan untuk mengenali target konsumen. Kami mencari dan menganalisis calon
konsumen mana yang akan kami fokuskan untuk menjadi target penjualan.
c.
Kreativitas dan Inovasi
Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam
menjalankan bisnis. Ide kreatif bisa menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan
suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang
lebih besar pada bisnis kami. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang kami
tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa
bosan.
d.
Promosi Efektif
Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen
merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan
promosi sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Kami menggunakan
social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan
melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk kami.
Saat melakukan promosi, kami menggunakan visual yang berkualitas, serta
informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang kami jual. Kami
juga melakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih
mudah terjaring.
e.
Manajemen Bisnis
Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam
menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan
manajemen ini adalah manajemen keuangan. Salah satu manajemen keuangan yang
penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan
akurat.
STRATEGI PEMASARAN
·
Menggunakan Social Media
Media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir
semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif
menggunakannya. Dengan social media, kami dapat menjalin interaksi secara luas
dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau
keterlihatan yang tinggi. Social media juga memungkinkan kami untuk memilih
komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka, sehingga apa yang
ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.
·
Memberikan Diskon
Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring
konsumen, karena sesuatu yang harganya terpotong akan sangat sulit dilewatkan
begitu saja. Alasan lain kenapa strategi
ini dianggap perlu juga karena seringkali seorang costumer belum membeli sebuah
produk, karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut. Kami memberikan diskon
kepada member ataupun pada saat-saat tertentu.
·
Memberi Insentif untuk Rekomendasi
Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya
bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau
testimoni dari pelanggan yang telah memakai produk tersebut kami memberi
penghargaan berupa insentif yang menarik. Insentif sebuah testimoni tidak harus
selalu berupa uang, namun bisa berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan
adanya insentif ini secara tidak langsung kami memenangkan dua pihak untuk
sasaran marketing, yaitu pelanggan yang
loyal dan calon pelanggan. Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang
digunakan hampir semua produk.
·
Memberikan Garansi Produk
Konsumen akan lebih menaruh rasa percayanya pada
produk yang memiliki garansi. Hal ini dapat membuat konsumen merasa bahwa
produk yang dijual adalah produk yang asli, karena jika kami menjual produk
yang palsu/tidak baik, maka pihak kami yang juga akan mengalami testimoni yang
buruk dari konsumen.
RENCANA PENJUALAN
Terdapat dua alur penjualan, yaitu alur penjualan
secara offline dan alur penjualan secara online. Jika calon pembeli melakukan
pembelian secara offline, maka pembeli dapat langsung datang ke toko. Jika
calon pembeli melakukan pembelian melalui website (online), pembeli dapat
melakukan pembayaran melalui transfer. Produk yang dijual dapat dibeli eceran,
maupun dalam partai yang agak besar (maksimal 500 pcs).
PROPOSAL RENCANA BISNIS
Reviewed by Rizky Ananda
on
December 24, 2019
Rating:
No comments: