Keindahan Pantai Sawarna


Indonesia merupakan negara kepulauan nan sangat indah yang memiliki berbagai keindahan alam didalammnya. Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia sebagian besar terdiri dari lautan. Oleh karena itu tak heran jika Indonesia memiliki wisata laut dan pantai yang sangat indah dan populer baik didalam maupun diluar negeri. Maka sebagai warga Indonesia tak ada salahnya dan memang harus dilakukan untuk berlibur di salah satu pantai di tanah air tercinta ini. Kebetulan saya sendiri sudah beberapa kali berlibur ke berbagai pantai Indonesia, yang paling bagus panorama alamnya menurut saya adalah pantai-pantai di pulau Bali. Namun, saya tidak akan membahas pantai-pantai di pulau Bali karena kurang seru (baca : sudah biasa).

Sekarang langsung saja masuk ke topik utamanya. Saya akan cerita pengalaman liburan ke tempat yang cukup berkesan sampai saat ini karena keindahan alamnya, yaitu Pantai Sawarna yang terletak di daerah Banten. Mungkin nama tesebut agak asing ditelinga kita, karena yang banyak diketahui dari pantai di Banten adalah pantai anyer dan pantai carita. Untuk yang masih bingung tempat wisata apa yang harus dikunjungi untuk liburan nanti, cobalah berwisata ke pantai sawarna dijamin ga akan menyesal!
 
Akses jalan menuju Sawarna
Perjalanan menuju pantai Sawarna bisa dibilang cukup membosankan, mengapa? Karena perjalanannya cukup jauh dari Depok, belum lagi macetnya. Bagi yang ingin mengunjungi pantai sawarna saya sarankan pergi dimalam hari untuk menghindari kemacetan. Kondisi jalan yang kurang bagus dan akses menuju pantai sawarna cukup menantang, karena jalan yang naik turun dan kemiringan yang curam. Jadi untuk yang ingin berwisata ke pantai sawarna pastikan bahwa supir dan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik.
Jembatan kayu menuju penginapan
Setelah sampai di pantai sawarna mungkin kita akan sedikit bingung, dimana pantainya? Ya, untuk menuju pantai kita masih harus berlajan kaki ke penginapan kira-kira 10 menit melewati jembatan kayu. Untuk melewati jembatan tersebut kita harus bergantian dengan orang yang berada diseberang, atau bisa juga menggunakan ojek motor bagi yang membawa banyak barang.
Sesampainya di penginapan mungkin anda akan bertanya lagi, dimana pantainya? Dari penginapan ke pantai kita diharuskan berlajan kaki lagi menyusuri jalan setapak. Agak ribet ya, tapi setelah melihat pantainya tidak akan kecewa kok. FYI penginapan disana masih tergolong murah loh.

Hal yang dapat digambarkan dari pantai sawarna adalah suasana yang kondusif dan tenang, cocok banget deh buat refreshing. Sangat berbeda dengan pantai-pantai lain yang penuh sesak dengan pengunjung. Pantai Sawarna memiliki hamparan pasir putih nan bersih, deburan ombak yang saling bersahutan, diujung pantai terdapat karang-karang yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berselfie ria. Sore hari adalah waktu yang sangat tepat berada dipinggir pantai, karena kita dapat melihat matahari tenggelam (baca : sunset)
 
Pantai Ciantir
Pantai Tanjung Layar
Oiya hal yang paling penting yang harus diketahui adalah Sawarna bukan nama dari sebuah pantai, melainkan nama dari desanya. Hal tersebut saya ketahui setelah berbincang dengan warga sekitar. Pantai di desa Sawarna ternyata cukup banyak dan memiliki keunikan tersendiri. Kita bisa menjelajah keseluruh pantai yang ada dengan berjalan menelusuri jalan setapak di pinggir pantai. Pantai yang saya singgahi adalah pantai ciantir dan tanjung layar, kedua pantai ini memiliki keunikan masing-masing. Pantai Ciantir memiliki hamparan pasir yang sangat luas. Pantai Tanjung Layar memiliki banyak karang, dan yang menjadi ciri khasnya adalah dua karang besar yang saling berhimpitan seperti layar kapal.

Setelah bermain seharian di pantai pastinya hal yang paling dicari adalah makanan. Tenang saja untuk soal yang satu ini kita tidak perlu khawatir, karena disana terdapat warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan. Untuk bakar-bakar dimalam hari pun seperti ikan, jagung, atau yang lainnya kita bisa membelinya secara mentah. 


Kesan yang diberikan ketika berwisata ke Sawarna adalah perjalanan yang jauh dan akses jalan yang cukup menantang, serta perjuangan yang harus dilalui untuk menuju pantainya. Namun itu semua terbayar setelah melihat keindahan dari berbagai pantai di Sawarna. Jadi, Kapan anda akan berwisata ke Sawarna?

Sumber : http://www.bantenwisata.com/
               http://tempatwisataseru.com/ 
               pengalaman pribadi 
Keindahan Pantai Sawarna Keindahan Pantai Sawarna Reviewed by Rizky Ananda on October 09, 2016 Rating: 5

No comments: