Pengantar Web Science : Penambahan Fitur TOKOPEDIA

Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas pengantar web science universitas gunadarma semester 4. Pada blog Review Tokopedia saya sudah membahas mengenai Tokopedia secara umum untuk memenuhi tugas pengantar web science, dimana setiap anggota kelompok me-review web atau aplikasi. Hasil review dari setiap anggota dipilih salah satu untuk dijadikan bahan tugas selanjutnya, yaitu menambahkan atau memperbaiki fitur yang ada dari web atau aplikasi tersebut. Hasil diskusi kelompok menetapkan bahwa yang terpilih adalah Tokopedia. 

Tokopedia sebagai salah satu toko jual-beli online terbsesar di Indonesia sudah memiliki banyak fitur bagus yang memudahkan penggunanya baik dari segi penjual atau pembeli. Sebenarnya agak sulit untuk menambah atau memperbaiki fitur yang sudah ada di Tokopedia jika dilihat dari kelengkapan dan fungsinya. Namun setelah membandingkan dengan beberapa e-commerce marketplace lainnya, ada beberapa fitur yang sekiranya bisa ditambahkan untuk lebih memudahkan user.

Fitur yang ditambahkan :

CODPEDIA : Fitur untuk melakukan pembayaran ditempat. 
"Jika Cocok Ambil"

CLOCKPEDIA : Fitur untuk mengetahui lama pengiriman barang (estimasi pengiriman).
"Buat yang butuh kepastian"

NOTIFPEDIA : Notifikasi bagi penjual yang tokonya sudah lama tidak aktif.
"Tidak ada kabar barang dihapus"

SEARCHPEDIA : Perbaikan pada sistem pencarian Tokopedia untuk lebih memudahkan konsumen.
"Mencari lebih mudah"

STOCKPEDIA : Fitur agar pembeli mengetahui stock yang tersedia agar tidak banyak pertanyaan.
"Ready ga gan?"

FItur-fitur diatas hasil pemikiran dari seluruh anggota kelompok. Salah satu fitur yang saya gagas dan menurut saya cukup menarik adalah CODPEDIA. COD (Cash On Delivery), dimana pembeli malakukan pembayaran ditempat setelah melihat barang secara langsung. Untuk beberapa orang melihat barang secara langsung akan lebih memuaskan dan tidak khawatir akan tipu-menipu. Konsep dari CODPEDIA ini saya ambil dari beberapa marketplace yang menyediakan fitur COD, namun dengan konsep yang berbeda. 

Konsep dari fitur ini adalah ketika melakukan pembayaran pembeli dapat memilih metode COD. Disini pembeli tidak diharuskan membayar apapun karena COD (Cash On Delivery), jadi pembeli cukup menunggu konfirmasi penjual apakah bersedia malakukan COD. Ketika memilih menu COD pembeli diharuskan menentukan lokasi COD apakah barang diantar kerumah atau ditempat lain. Namun jika penjual tidak menghendaki adanya pembayaran dengan COD, maka penjual tidak harus menyertakan metode pembayaran secara COD, jadi pada saat pembeli akan memilih metode pembayaran, metode COD tidak akan keluar.

Bukankah sudah ada fitur chat? Tokopedia memang sudah menyediakan fitur chat, namun harus menunggu respon dari penjual yang kadang cukup lama. Bahkan belum tentu toko tersebut menghendaki metode pembayaran secara COD. Dengan fitur ini sudah jelas toko mana saja yang menyediakan fitur COD. 

Fitur-fitur diatas merupakan fitur gagasan dari kelompok kami. Pastinya fitur tersebut belum ada di Tokopedia karena hanya sebuah gagasan semata. Kami berharap Tokopedia dapat lebih memanjakan dan memudahkan penggunanya dengan tambahan fitur-fitur yang menarik. 
Pengantar Web Science : Penambahan Fitur TOKOPEDIA Pengantar Web Science : Penambahan Fitur TOKOPEDIA Reviewed by Rizky Ananda on July 10, 2018 Rating: 5

No comments: