Sejarah dan Perkembangan Komputer di Indonesia


Komputer sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil data atau informasi memiliki peranan penting dalam kemajuan teknologi di Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan oleh komputer untuk mendapatkan informasi atau hanya sekedar media hiburan tentunya menjadi alasan mengapa komputer terus berkembang. 


Pada tahun 1967 diperkirakan sebagai awal masuknya komputer ke Indonesia yang hingga saat ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dahulu komputer hanya digunakan sebagai alat untuk berbagi informasi saja dan belum menjadi barang umum di Indonesia karena dari segi harga dan kegunaan masih dirasa kurang diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer pun memiliki berbagai fungsi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Bahkan saat ini komputer sudah menjadi barang umum dikalangan masyarakat. Untuk memahami lebih jauh bagaimana sejarah dan perkembangan komputer di Indonesia mari kita uraikan tahapan penting perjalanan komputer dari tahun ke tahun.

Sejarah dan Perkembangan Komputer Tahun 60an  

Komputer masuk ke Indonesia secara resmi tahun 1967 dari luar negeri atas ijin dari pemerintah. Komputer pada saat itu merupakan barang mahal” maka hanya pihak tertentu saja yang bisa memilikinya. Hanya intansi pemerintah dan industri besar saja yang mampu memiliki dan mengoperasikan komputer saat itu. Namun seiring berjalannya waktu kehadiran komputer dapat diterima di masyarakat.


Pemerintah Indonesia membentuk tim khusus yang dikenal dengan nama BAKOTAN (Badan Koordinasi Otomatisasi Administrasi Negara) pada 4 Juli 1969 karena makin besarnya permintaan konsumen akan perangkat komputer. BAKOTAN berfungsi sebagai konsultan bagi instansi-instansi yang akan membeli atau menyewa peralatan komputer. Pengguna komputer yang masih awam bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait penggunaan komputer yang masih menjadi barang asing pada masa itu dari BAKOTAN. Keberadaan BAKOTAN saat itu sangat penting dan ikut ambil bagian dalam sejarah perkembangan komputer di Indonesia.


Pengetahuan akan komputer dinilai cukup penting, namun pada saat itu para ahli dan teknisi yang memahami komputer masih sedikit. Oleh karena itu, pada tahun 1972 Universitas Indonesia (UI) menjadi pelopor yang membuka Pusat Ilmu Komputer (PUSILKOM), sebagai suatu wadah bagi mahasiswa yang ingin mempelajari dan memahami ilmu komputer. Indro S. Suwandi PhD merupakan orang yang berjasa dalam pembentukan jurusan teknologi informasi di UI dan dikenal sebagai tokoh yang memperkenalkan komputer dikalangan perguruan tinggi. Komputer yang saat itu merupakan barang asing, menjadikan jurusan komputer saat itu sebagai pendidikan kelas elit. Namun lambat laun jurusan komputer menjadi bidang yang paling diburu karena semakin terbukanya pikiran masyarakat akan pentingnya komputer. 
 

Sejarah dan Perkembangan Komputer Tahun 80an

 

Komputer di Indonesia semakin berkembang dengan diadakannya Konferensi komputer region Asia tenggara SEARCC’80 (South East Asia Regional Computer Conference 1980), yang digelar pada tanggal 21 hingga 24 Oktober 1980 di Jakarta. Negara-negara ASEAN menjadikan konferensi tersebut sebagai wadah untuk membahas perkembangan komputer. Indonesia pun menggelar sebuah pameran pada acara tersebut untuk memperkenalkan beragam peralatan komputer yang dipasarkan di Indonesia. Beberapa nama produsen besar sudah mulai menjadikan Indonesia sebagai target penjualan komputer yang mereka produksi, seperti HP (Hewlett Packard), DEC (Digital Equipment Corp.), Prime, DG (Data General), Honeywell Bull, dan beberapa produsen lainnya.


Perkembangan komputer pada masa ini diisi dengan hadirnya komputer mini yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi dalam hal penggunaan. Komputer mini kurang efektif karena menggunakan sistem operasi tersendiri yang tidak cocok dengan sistem operasi dari sistem lain. Maka program yang dikembangkan pada komputer mini belum tentu bisa dijalankan pada sistem operasi lain. Masalah tersebut pun akhirnya bisa teratasi dengan dengan kemunculan sistem operasi yang kala itu cukup populer, yaitu UNIX. Sistem operasi UNIX dapat dijalankan diberbagai jenis komputer. Sistem operasi UNIX di Indonesia mendapat banyak perhatian dari kalangan pakar komputer. Pada tahun 1983 mahasiswa UI berhasilkan menciptakan sistem operasi UNIX buatan mereka sendiri yang dikenal dengan nama INDOGTW atau Indonesian Gateway. Sistem operasi UNIX kian populer sehingga dibuatlah suatu wadah untuk para pengguna dan penggemar UNIX di Indonesia untuk berbagi pengetahuan yang diberi nama Kelompok Pengguna Unix (Unix Users Group) alias INDONIX. Didik Partono Rudiarto, merupakan penggagas dari perkumpulan tersebut dan secara rutin mengadakan pertemuan untuk membahas seputar UNIX dan komputer mini. 


Pada masa ini penelitian tentang komputer terus dilakukan, tidak hanya dari sistem operasi saja, penelitian seputar jaringan komputer pun terus dilakukan. Pada era ini pun kehadiran Personal Computer (PC) sebenarnya sudah ada. Namun karena masih sangat terbatas dari segi kemampuan dan keberadaanya, PC masih dibilang sebagai barang “langka” dan “mewah” di Indonesia.


Sejarah dan Perkembangan Komputer Tahun 90an



Pada era ini sistem operasi baru terus bermunculan di Indonesia. Komputer pun semakin canggih dan semakin banyak diminati, namun masih dikategorikan sebagai “barang mahal”. Indonesia pada era ini mulai mengenal komputer-komputer yang menganut prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation, Pentium. Kala itu salah satu komputer besutan Intel yang cukup populer adalah Pentium II.


Komputer jenis ini sangat umum ditemukan mulai dari perkantoran, sekolah-sekolah, hingga perumahan. Komputer jenis ini begitu digandrungi oleh masyarakat kala itu, karena efektifitas dan tingkat efisiensi yang dihasilkannya sebagai alat bantuan dalam bekerja. Bahkan kehadiran komputer Pentium II secara tidak langsung mulai menggeser fenomena penggunaan mesin tik, sebuah alat pegetikan konvensional yang lebih daulu populer dibandingkan komputer.


Pada masa ini internet mulai masuk dan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan komputer di Indonesia. Berbagai industri pun memanfaatkan pulang tersebut sebagai ladang bisnis mereka yang sekaligus ikut serta dalam perkembangan komputer di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Komputer Tahun 2000an



Sejarah komputer Indonesia terus berlanjut, pada masa ini komputer masuk ke Indonesia lebih cepat, lebih efisien dan tentunya lebih canggih dari segi penggunaan maupun sistem operasinya. Komputer yang cukup populer di Indonesia pada saat era 2000-an ini adalah generasi Pentium III, yang telah menerapkan stand CPU atau lebih dikenal dengan sebutan ‘CPU berdiri’. Menggunakan memory RAM jenis SDRAM dengan spesifikasi 64 MB hingga 256 MB, komputer jenis ini memiliki kecepatan antara 800 Mhz-1300 Mhz.


Pada awal tahun 2000-an sistem operasi Windows merupakan yang paling umum digunakan. Kemudahan yang ditawarkan menjadi salah satu alasannya. Salah satu sistem operasi keluaran windows yang cukup melegenda di Indonesia kala itu adalah windows 98. Sering perkembangannya keluarlah komputer pentium IV, yang cukup populer karena memiliki processor canggih dan dapat diandalkan untuk bermain games karena memiliki desain grafis yang cukup tinggi. 
 

Setelah cukup lama dibuai dengan komputer hasil olahan Intel, berikutnya Indonesia juga kedatangan AMD lewat beberapa produknya seperti AMD Sempron, AMD Athlon, AMD Turion dan lain-lain. Persaingan yang terjadi antara Intel dan AMD terbilang sangat ketat, meskipun sejatinya produk dari kedua perusahaan tersebut memiliki target spesifik pasar yang agak sedikit bebeda.


Komputer terus berkembangan dari masa ke masa bahkan perkembangannya tergolong cepat. Pada akhirnya keempat era yang dijelaskan di atas telah menjadi kenangan semata sebagai sejarah perkembangan komputer yang terjadi di Indonesia. Saat ini kita sudah berada di era yang lebih maju dan banyak diisi oleh kemungkinan baru yang akan terjadi nantinya. Bahkan era yang kita jalani saat ini nantinya akan menjadi sejarah untuk generasi berikutnya. Semoga di era yang semakin berkembang ini menjadi bagian sejarah komputer di Indonesia yang layak untuk dibanggakan.

Sumber : http://teknodaily.com/
               http://www.teknologiinformasidankomunikasi.com/
              








Sejarah dan Perkembangan Komputer di Indonesia Sejarah dan Perkembangan Komputer di Indonesia Reviewed by Rizky Ananda on October 09, 2016 Rating: 5

5 comments:

  1. Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma Cuma
    Hanya Di SumoQQ(dot)Com
    Real Website Real Player, Real Winner
    Silahkan Buktikan dan Bergabung Bersana kami
    Dan Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 6 Bank Local
    Minimal Deposit & Withdraw 15Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia2 Kan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Ada Di Pilihan Anda.
    Jadi Jangan Sampai Salah Pilih Situs
    Ingin Jadi Jutawan SumoQQ(dot)com Solusimya !!
    Hub kami Untuk Info Lebih Lanjut :
    Skype : SumoQQ
    Fb : SumoQQ
    BBM : D8ACD825
    Line : SumoQQ
    WA : +855 96 497 3259
    Link Alternatif :
    www(dot)SumoQQ(dot)net
    www(dot)SumoQQ(dot)info
    www(dot)SumoQQ(dot)org
    Join Sekarang !! Kami Tunggu Kehadiran Para Calon Jutawan

    ReplyDelete
  2. block ini sangat membantu tentang perkembangan komputer
    My blog

    ReplyDelete
  3. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat :)

    My Blog
    My Campus

    ReplyDelete
  4. Artikelnya sangat bermanfaat dan alhamdulillah bisa menambah wawasan saya dalam perkembangan komputer.

    Kunjungi Blog saya di
    http://aurelliafemilya.blogspot.com/

    Dan Kunjungi juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  5. buat kamu-kamu yang mau belajar ilmu komputer perkantoran silahkan kunjungi website http://asianbrilliant.com ya…
    kalau mau tanya-tanya dl silahkan bisa disini.
    Kursus Komputer | Jasa Pembuatan Website,
    Aplikasi Desktop maupun Android/IOS

    ReplyDelete