Fenomena Hoax

Pemberitaan HOAX di Indonesia sudah merupakan fenomena yang sering terjadi. Semakin berkembangnya era digital dan sosial media, seluruh masyarakat kini dapat membuat berita atau tulisan yang belum tentu benar kebenarannya. Penyebaran berita hoax pun sangat cepat karena banyaknya pengguna sosial media di Indonesia. Pengguna sosial media terkadang langsung menyebar berita yang belum tentu kebenarannya tersebut. Sebenarnya apa itu berita hoax? Hoax adalah sebuah pemberitaan palsu, yaitu usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, dimana si pembuat berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.

Berita hoax dapat memberikan dampak yang negatif, berikut adalah  akibat beredarnya berita hoax :
  • Terjadi gesekan antara teman atau saudara sesama kaum muslimin. Dikhawatirkan hal ini sengaja untuk memecah belah kerukunan atau ketenangan dalam masyarakat atau suatu komunitas.
  • Pihak yang berkepentingan mewakilinya atau bertanggung jawab dibuat kerepotan memberikan klarifikasi agar masyarakat tidak panik dan tidak mempercayai begitu saja akan suatu isu.
    Contoh : klarifikasi Badan POM terhadap hoax adanya virus HIV yang sengaja dimasukkn dalam makanan kaleng yang diimpor dari Thailand.
  • Banyak orang tersibukkan membagi/share hoax. Semakin banyak tersebar tentunya makin senang si pembuat hoax ini dan mengakibatkan ketagihan dalam membohongi publik. Dikhawatirkan akan muncul terus menerus hoax-hoax yang lain .
  • Dapat membahayakan keadaan/kondisi kesehatan seseorang apabila berisi info kesehatan yang kurang benar.
Apabila mendapatkan atau membaca sebuah berita atau informasi sebaiknya dicek terlebih dahulu akan kebenaran dan sumber berita tersebut, jangan langsung ikut menyebarkan berita tersebut. 



Fenomena Hoax Fenomena Hoax Reviewed by Rizky Ananda on January 10, 2017 Rating: 5

No comments: