Cinta Tanah Air

Cinta adalah sebuah perasaan simpati yang diberikan kepada makhluk hidup atau benda lainnya. Cinta merupakan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti cinta adalah suka sekali atau sayang benar. Hmm kalo bicara soal cinta, pasti yang ada dibenak kita semua adalah hubungan antara pria dan wanita. Namun, pengertian cinta itu sangat luas bukan hanya menyangkut manusia saja, bahkan binatang pun dapat merasakan apa yang namanya cinta. Perasaan cinta juga dapat diberikan kepada objek lain selain makhluk hidup, seperti cinta kepada benda mati, cinta kepada tanah air atau negara, cinta kepada suatu konsep atau ideologi tertentu, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas perasaan cinta kepada tanah air. Mengapa cinta kepada tanah air? Karena kalau cinta kepada lawan jenis tentunya sudah terlalu mainstream dan agar kita bisa lebih mencintai tanah air ini. Cekidot langsung saja kita bahas mengenai cinta kepada tanah air.

Cinta mengandung unsur kasih dan sayang terhadap sesuatu sehingga dalam diri akan tumbuh kemauan untuk merawat. Cinta Tanah Air berarti rela berkorban untuk tanah air dan membela dari segala macam ancaman dan gangguan yang datang dari manapun. Para pahlawan telah membuktikan cintanya kepada tanah airnya yaitu tanah air Indonesia. Mereka tidak rela Indonesia diinjak-injak oleh kaum penjajah. Mereka tidak ingin negerinya dijajah, dirampas atau diperas oleh bangsa penjajah. Mereka berani mengorbankan nyawanya demi membela tanah air Indonesia.

Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.

Untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air tidak harus dilakukan dengan cara berperang, sebagai seorang pelajar dan sebagai kaum muda kita tetap dapat menunjukkan sikap cinta tanah air dengan cara sebagai berikut;

  1. Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar dapat bersaing dengan negara lain.
  2. Menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar.
  3. Melestarikan dan menjunjung tinggi budaya bangsa.
  4. Menghormati sejarah perjuangan para pahlawan dan simbol-simbol negara seperti bendera merah – putih, lambang burung garuda dan lagu Indonesia Raya.
  5. Menggunakan produk – produk dalam negeri.
  6. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  7. Mengikuti setiap peraturan dan tata tertib yang diatur oleh negara.

Perilaku cinta tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, diantaranya memelihara persatuan dan kesatuan dan menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan yang di miliki untuk membangun Negara. Sekarang kita berada pada masa kemerdekaan. Kita tidak di tuntut memanggul senjata dan maju di medan perang. Namun, perlu di sadari bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetep menghadapi ancaman. Oleh karena itu, kita harus siap menghadapi segala bentuk ancaman demi kepentingan bangsa dan Negara Republik Indonesia. Sesudah merdeka, kita telah mengalami banyak pemberontakan. Untuk mencegah kejadian tersebut terulang kembali, kita harus mampu menahan diri dan jangan mudah terhasut oleh ajakan yang belum tentu kebenaranya. Kita harus mampu mencegah perilaku yang mengarah pada perpecahan, adu domba, menfitnah, membuat keonaran, kejahatan,dan melanggar hukum. Bahkan Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno berkata "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

Untuk mengisi kemerdekaan pemerintah melaksanakan pembangunan nasional. Setiap warga Negara harus turut serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasioanal melalui berbagai kegiatan dengan bidangnya masing-masing. Keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional di antaranya rajin belajar bagi pelajar, bekerja dengan tekun sesuai keahliannya, membayar pajak, memelihara hasil pembangunan, dan menciptakan situasi aman dan damai. Kegiatan masyarakat yang beragam hendaknya menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air dan bangsa. Ciri-ciri cinta tanah air diantaranya rela berkorban untuk tanah air dan bangsa, bangga berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia, giat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang, dan ikut mempertahankan persatuan dan kesatuan.

Semangat cinta tanah air perlu terus dibina sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjamin. Cinta tanah air bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Manfaat tersebut diantaranya Negara akan aman dan damai, pembangunan dapat berjalan lancar, dan pendapatan Negara akan meningkat. Manfaat tersebut kita sendiri yang merasakan. Kita akan merasa aman da damai serta kesejahteraan hidup meningkat. Cita-cita untuk mencapai masyarakat adil makmur berdasarkan pancasila perlu terus diperjuangkan. Cinta tanah air bukan untuk dihafal, tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Seorang pelajar, mahasiswa, buruh, petani, pedagang, pegawai negeri, karyawan, atau pejabat tinggi harus berperilaku mencintai tanah air. Cinta tanah air diartikan suatu sikap yang mementingkan kepentingan bangsa dan Negara serta rela berkorban demi kejayaan bangsa dan Negara.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca akan pentingnya cinta kepada tanah air. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal yang positif dan berguna bagi tanah air Indonesia. Perjuangan kita belum selesai, mari kita bekerja bersama untuk kemajuan bangsa ini, jika bukan kita siapa lagi? Banggalah menjadi rakyat Indonesia.

              kbbi.co.id/ 
             https://belanegarari.com 




Cinta Tanah Air Cinta Tanah Air Reviewed by Rizky Ananda on November 06, 2016 Rating: 5

1 comment:

  1. thank nice infonya sangat menarik,kunjungi http://bit.ly/2CNOHb3

    ReplyDelete