Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

A.   Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan bisa mcnjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

B.   Pengertian Sastra
Sastra berasal dari kata castra berarti tulisan. Sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang ditulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan, kitab suci, surat, dan sebagainya. Sastra dalam konteks kebudayaan adalah ekspresi gagasan dan perasaan manusia. Pengertian sastra sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upaya manusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui Bahasa yang lahir dari perasaan dan pemikirannya. Dalam konteks kesenian, kesusastraan adalah salah satu bentuk atau cabang kesenian yang menggunakan media Bahasa sebagai alat pengungkapan gagasan dan perasaan senimannya.

C.   Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan
Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan adalah sama-sama memiliki objek yang sama yaitu manusia. Keduanya mempelajari hubungan antar manusia melalui suatu komunikasi yang beraneka ragam macamnya. dan bayangkan jika manusia hidup tanpa seni. Jika manusia hidup tanpa seni mereka tidak bisa menyalurkan ekspresi mereka atau tidak bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya, maka akan menggangu kejiwaan atau psikologis manusia tersebut.

Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi - materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.

D.  Studi Kasus
Sastra sangat terkait erat dalam kehidupan manusia. Ia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan budaya dan peradaban karya cipta manusia itu sendiri. Sastra seperti pisau tajam, bahkan jauh lebih tajam, yang mampu merobek-robek dada dan menembus ulu hati, bahkan jiwa dan pemikiran. Pisau tajam ini juga mampu menjadi alat paling efektif untuk membuat ukiran patung karya kehidupan yang paling indah. Sastra juga bisa lebih halus daripada sutra yang paling halus hingga mampu menelusup ke dalam relung jiwa hingga tunduk dan pasrah pada kekuatannya.

Sastra dan manusia serta kehidupannya adalah sebuah persoalan yang penting dan menarik untuk dibahas secara komprehensif. Sastra berisi manusia dan kehidupannya. Manusia dan kehidupannya mempunyai hubungan yang rapat dengan kehidupan sastra. Manusia menghidupi sastra dan kehidupan sastra adalah kehidupan manusia.

Kekuatan sastra yang dahsyat mampu mengubah moralitas dan karakter manusia ke dalam persepsi kehidupan yang berbeda. Namun di era seperti sekarang ini sastra semakin ditinggalkan dan dilupakan, padahal pada masanya dulu karya sastra sangat berharga dan bernilai tinggi. Seperti halnya Al’Quran, Al’Quran sangat besar perannya dalam perkembangan Islam dan juga perkembangan serta kemajuan moral dan agama pada kehidupan manusia. Dalam contoh nyata tersebut karya sastra sangat besar nilainya dan sangat berpengaruh dalam  kehidupan manusia.

Sastra juga harus mulai diajari dan diperkenalkan kepada anak bangsa sejak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, agar para generasi muda bangsa dapat mengenal dan mencintai karya sastra Indonesia, dan juga agar mereka dapat melestarikan karya sastra Indonesia tersebut. Di luar negeri, karya sastra Indonesia sangat diapresiasi oleh masyarakat luar negeri, jika di luar negeri saja di apresiasi, seharusnya di Indonesia pun lebih dihargai dan dapat terus dlestarikan

Marilah kita lestarikan karya sastra Indonesia yang semakin tenggelam dalam era modern seperti ini. Karya sastra adalah salah satu kekayaan negara kita yang sangat besar manfaatnya, baik karya sastra seperti puisi, prosa, roman dll. Dan juga para penulis  karya sastra tersebut seperti tokoh yang sangat terkenal dari Indonesia yaitu Chairil Anwar. Marilah kita budayak karya sastra dalam kehidupan berbangsa Indonesia.



Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan Reviewed by Rizky Ananda on April 05, 2017 Rating: 5

No comments: